Kenapa Perlu Pakai Aplikasi GoodNovel?

Seberapa sering kamu merasa tidak punya waktu untuk membaca? Seringkali saat merasa ingin membaca kamu malah lupa membawa buku bacaan favoritmu atau to be read (TBR)-mu. Sejak dulu aku selalu mendapatkan pertanyaan, “Bagaimana agar bisa tetap membaca setiap hari seperti Kak Atria?” Dan jawabanku selalu sama, “Sempatkan membaca, buka membaca saat sempat saja.”

Biasanya banyak yang bilang merasa tidak sempat membaca. Hm.. kamu bisa menggunakan salah satu trik yang kulakukan: “Membaca buku digital.” Seringkali membaca buku dengan sekian ratus lembar halaman terasa ribet apalagi untuk ibu-ibu sepertiku. Jika bukunya tebal dan berat, akan membutuhkan kedua belah tangan dalam jangka waktu lama padahal aku seringkali harus multitasking.

Nah, aku dan Baba Niyaz lagi senang membaca novel di aplikasi GoodNovel karena sejak gempa, buku-bukuku sudah jarang bisa kami akses. Kami jadi sangat nomaden karena ruko yang kutinggali rusak akibat gempa. Dan pilihan membaca buku digital menjadi pilihan utama kami saat ini .

Aku pertama kali kenalan dengan kisah Charlie Wade dari Baba Niyaz. Dan ternyata novel ini termasuk salah satu novel populer di GoodNovel. Setelah itu aku kenalan dengan beberapa novel yang ada di GoodNovel Indonesia. Yup, aku senang karena makin banyak penulis Indonesia yang karyanya dipublikasikan di GoodNovel.

Novel Malam Tanpa Noda di GoodNovel

Aku sekarang sedang membaca “Malam Tanpa Noda” yang ditulis Nannys0903. Saat membaca bab pertama, aku langsung suka dengan konsep ceritanya yang menurutku banyak mengangkat isu sosial yang jamak terjadi di Indonesia.

Novel Malam Tanpa Noda di GoodNovel

Malam Tanpa Noda menceritakan tentang Airi yang menikah dengan Faisal setelah beberapa bulan berpacaran. Saat masih berpacaran Airi tetap berusaha menjaga diri dengan baik dengan tidak pernah membuka penutup kepalanya di hadapan Faisal. Sayangnya saat malam pertama, tidak ada bercak noda darah di tempat tidur pengantin mereka. Ini membuat Faisal seketika menghakimi Airi sebagai perempuan munafik. Perempuan yang bersikap seolah menjaga kesuciannya namun ternyata sudah tidak perawan.

Tuduhan yang membuat kebahagiaan rumah tangga mereka hanya berlangsung selama sehari. Setelah itu semuanya menjadi dingin dan hambar. Airi berusaha membuat suaminya menginginkannya dengan memakai pakaian yang membuat Faisal merasa tertarik secara seksual padanya. Sayangnya Faisal masih tetap menolaknya. Padahal Airi sangat ingin memiliki buah cinta dari pernikahannya dengan Faisal.

Hingga suatu ia mendapati Faisal sedang bercumbu dengan perempuan lain di ruang kerja pria itu. Namun yang lebih menyakitkan hati ternyata perempuan itu telah dinikahi oleh Faisal atas dorongan ibu mertuanya, Ririn. Bella, sang istri muda dapat menaklukkan hati ibu mertuanya yang sedang dengan kehidupan glamour. Secara penampilan pun Bella lebih menarik dengan pakaian dan make up yang dikenakannya. Sangat berbeda dengan Airi yang selalu tampil sederhana dengan gamis dan tanpa pulasan make up.

Membaca “Malam Tanpa Noda” membuatku gemas dengan sikap Faisal yang tidak bisa tegas bersikap dan mudah dipengaruhi oleh Ririn dan Bella. Bagaimana begitu mudahnya Faisal dimanipulasi oleh kedua perempuan tersebut sehingga membuat hidup Airi menderita.

Tapi ceritanya seru sih karena tokoh Airi ini berkembang. Ada titik balik yang membuatnya berani mengambil sikap. Ia tidak lagi jadi tokoh protagonist yang menangis nasib, namun ia berusaha mengubah nasibnya.

Baca GoodNovel

Review Malam Tanpa Noda

Ada 3 isu utama yang menarik dan ditampilkan dalam novel “Malam Tanpa Noda”:

  1. Tentang persepsi di masyarakat kita yang selalu mempertanyakan kesucian perempuan saat memasuki kehidupan pernikahan. Keperjakaan laki-laki tidak pernah dipertanyakan. Hal ini masih terus terjadi dan mempengaruhi banyak pernikahan.
  2. Tentang selaput dara. Edukasi tentang selaput dara tidak berjalan beriringan dengan persepsi tentang pentingnya keperawanan perempuan. Padahal secara medis banyak alasan yang bisa menyebabkan perempuan tidak berdarah di malam pertamanya.
  3. Tentang campur tangan mertua dalam kehidupan pernikahan. Di cerita ini ditampilkan dua sisi hubungan mertua-menantu. Awalnya tentang mertua jahat yang diwakili oleh sosok Ririn, dengan menantu yang baik dan patuh yang diwakili oleh sosok Airi. Namun ada pula sosok menantu manipulative seperti Bella yang kelak memperlakukan mertuanya dengan buruk. (untuk detailnya baca sendiri yaaaaa )

Isu ini yang membuatku tertarik untuk terus melanjutkan membaca novel Malam Tanpa Noda. Dan konfliknya berkembang ke arah yang menarik karena setiap karakter berubah sesuai dengan situasi yang ada. Namun di saat yang sama juga ada konsistensi karakter pada tokoh-tokohnya. Sejak awal digambarkan bagaimana Faisal adalah tipe laki-laki yang mudah bimbang dan tidak tegas dalam mengambil keputusan. Sisi ini secara konsisten ditampilkan dalam berbagai situasi. Namun ada juga karakter yang berkembang dan membuat cerita menjadi menarik, seperti perubahan karakter Airi dan juga ayah mertua Airi, Joko. Cerita jadi seru karena pilihan dan sikap mereka tidak sesuai dengan dugaan pembaca.

GoodNovel Indonesia pilihan bagi Pembaca dan Penulis Indonesia

Sebagai seorang pembaca, aku selalu menyukai cerita yang dari setting, suasana hingga gambaran kondisi sosial yang relevan dengan kehidupanku. Menemukan hal yang familiar dengan cerita yang dibaca akan membangun kedekatan psikologi dengan karya tersebut.

Malam Tanpa Noda adalah karya penulis Indonesia yang dipublikasikan lewat Good Novel. Dan dukungan untuk penulis di Good Novel termasuk cukup baik karena ada beberapa pilihan kontrak dengan pihak Good Novel dan juga penulis masih memiliki hak untuk menghapus karyanya. Jadi hak penulis atas karyanya masih terjaga. Kamu bisa #WujudkanGoodNovelmu dan merasa aman dalam berkarya.

Dan pembaca sepertiku bisa terus mendukung penulis Indonesia secara langsung dengan #BacaGoodNovel

Baca Malam Tanpa Noda di Aplikasi GoodNovel