Untukmu yang tengah memperjuangkan masa depan. Entah demi apa. Demi kebahagiaan orangtua. Demi menemukan pekerjaan impian. Ataupun sekadar menantang diri sendiri mengikuti ujian CPNS.

Semoga segala usaha mendapatkan imbalannya. Semoga dimudahkan dan dilancarkan.

Tapi jika boleh, izinkan saya mengingatkan.

Jika engkau belajar untuk Tes Wawasan Kebangsaan, maka upgrade lah kesadaranmu berbangsa. Lakukanlah demi nasionalisme. Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) bukan lagi demi mendapatkan gaji bulanan dengan usaha minimalis. Melainkan tentang bagaimana menjadi bagian aktif dalam memperbaiki situasi negeri ini.

Jika engkau adalah generasi yang turun temurun adalah keluarga Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka ketahuilah bahwa sejak tahun 2014 pekerjaan impianmu telah berubah nama menjadi Aparatur Sipil Negara.

UU ASN no.5 Tahun 2014 ini mengatur banyak hal yang berbeda. Tentang kewajiban ASN sebagai pelayan publik. Menegaskan bahwa ASN kini adalah pekerjaan dengan kasta terendah di negeri. Ya, terendah. Sebab siapapun yang menjadi ASN menjadi pelayan bagi masyarakat.

Bukankah pelayan adalah pekerjaan paling rendah. Bayangkan seorang pelayan dalam sebuah rumah. Ia yang paling pertama bangun dan mempersiapkan kebutuhan semua orang di dalam rumah yang dilayaninya. Ia yang harus dengan sigap memenuhi segala kebutuhan tuannya. Hingga akhir, ia pun menjadi yang paling terakhir beristirahat setelah memastikan semua hal sudah pada tempatnya. Maka bayangkanlah bahwa rumah yang akan kau layani bernama NKRI. Seluruh rakyatnya adalah tuanmu.

 

Sebelum mengikuti ujian, pahamilah hal tersebut.

 

Siapkah engkau menjadi pelayan. Mendukung negara menjalankan kewajibannya pada rakyat. Menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk memastikan bahwa rakyat terlayani. Memastikan kepuasan masyarakat.

Siapkah engaku berada di jajaran dengan kasta terendah tersebu?

Jika siap; jika engkau datang untuk mengabdi; Maka ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang ada di hatimu. Semoga ia memudahkan langkahmu menjadi abdi negara. Bukan sekadar datang untuk memakan uang rakyat tanpa berkinerja dan berkarya.

 

With Love,

 

CPNS yang telah mengabdi hampir setahun

Dengan semua kegetiran dan himpitan pekerjaan tanpa ujung

Demi bisa memikul amanah sebagai pelayan rakyat